TEORI SINGKAT PEMROGAMAN PERANGKAT BERGERAK - by s2c3r -
A. Pendahuluan
Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler berbasis linux sebagai kernelnya. Saat ini Android dapat disebut raja dari smartphone. Android mengalami perkembangan yang sangat pesat karena Android menyediakan platform terbuka (Open Source/bisa dipelajari dan dikembangkan oleh siapa saja) bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri. Awalnya, perusahaan search engine terbesar saat ini, yaitu Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel. Android, Inc. didirikan oleh Andy Rubin, Rich Milner, Nick Searsdan Chris White pada tahun 2003. Pada agustus 2005 Google membeli Android Inc. Kemudian untuk mengebangkan Android dibentuklah Open Handset Alliance konsorsium dari 34 perusahaan hardware, software, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualqomm, T-Mobile dan Nividia. Pada saat perilisan perdana Android, 5 November 2007, Android bersama Handset Alliance menyatakan dukungannya terhadap pengembangan standard terbuka pada perangkat seluler. Di lain pihak, Google juga merilis kode-kode Android dibawah lisensi Apache, sebuah lisensi perangkat lunak dan standard terbuka perangkat seluler. Sekarang terdapat dua jenis distributor sistem operasi Android. Pertama yang mendapat dukungan penuh dari Google atau Google Mail Service (GMS), sedangkan yang kedua adalah yang didistribusikan bebas tanpa dukungan langsung dari Google, dan dikenal sebagai Open Handset Distribution (OHD).
Logo Android
Awal sejarah perkembangan Android dimulai ketika Google membeli perusahaan Android Inc., sebuah perusahaan yang berada di Palo Alto, California Amerika Serikat, pada bulan juli tahun 2000. Para pendiri Android Inc. yang akhirnya bekerja pada Google diantaranya Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears, dan Chris White. Saat itu banyak yang menganggap fungsi Android Inc. hanyalah sebagai perankat lunak pada ponsel. Sejak saat itu muncul rumor bahwa Google hendak memasuki pasar telepon seluler. Google sendiri mempunyai sebuah tim yang dipimpin oleh rubin yang bertugas mengembangkan program perangkat seluler yang didukung oleh kernel Linux. Hal ini menunjukkan indikasi bahwa Google sedang bersiap menghadapi persaingan pasar telepon seluler.B. Konsep Umum Pemrograman Android
Perangkat berbasis android hanya mempunyai satu layar foreground. Pada saat kita pertama kali menghidupkan perangkat android, yang kita lihat adalah HOME, kemudian ketika kita menjalankan salah satu aplikasi yang ada di dalamnya, misalnya game catur maka user interface atau tampilan dari game catur tersebut akan menumpuk di atas layar sebelumnya, kemudian ketika kita menekan tombol option pada menu catur maka menu option tersebut akan tampil menumpuk di atas tampilan pertama game catur tersebut, begitu seterusnya.
Semua proses di atas direkam pada application stack oleh system activity manager. Ketika menekan tombol back maka akan kembali ke halaman sebelumnya, analoginya mirip ketika menekan tombol back pada pada browser internet ketika sedang surfing internet
ISTILAH � ISTILAH PADA PEMROGRAMAN ANDROID
ACTIVITY
Pada pemrograman android dikenal nama activity, yang mempunyai pengertian Suatu komponen yang ada pada aplikasi android yang menyediakan tampilan sehingga dapat berinteraksi dengan user untuk melakukan sesuatu. Normalnya suatu activity menampilkan satu buah user interface kepada pengguna. Contohnya pada aplikasi sms, dimana satu activity digunakan untuk menulis pesan, activity berikutnya untuk menampilkan nomor kontak, atau activity lainnya untuk menampilkan pesan � pesan lama. Meskipun semua activity itu berada dalam satu program aplikasi yaitu aplikasi sms, namun setiap activity berdiri sendiri. Untuk pindah dari satu activity ke activity lainnya digunakan suatu event, misalnya tombol diklik
Contoh lain activity : mengambil foto, menulis bbm, mengirim email, dial telepon dll
SERVICE
Service berjalan di belakang layar dan tidak memiliki user intrface atau tampilan. Contohnya adalah ketika kita mendengarkan musik dengan aplikasi music player, agar kita bisa menggunakan aplikasi yang lain misalnya sms, maka aplikasi musik kita jalankan di belakang aplikasi sms, untuk melakukan itu maka digunakan fungsi service.
INTENS
Mekanisme untuk menggambarkan sebuah action secara detail. Contohnya bagaimana cara mengambil sebuah foto
CONTENT PROVIDERS
Menyediakan cara untuk mengakses data yang dibutuhkan oleh sebuah activity, misalnya kita menggunakan aplikasi berbasis peta (MAP), activity memerlukan cara untuk mengakses data kontak untuk prosedur navigasi, disinilah content providers berperan
RESOURCE
Digunakan untuk menyimpan file � file non koding yang diperlukan pada sebuah aplikasi, contohnya file gambar, file icon, file audio atau yang lainnya.
C. APLIKASI ANDROID STUDIO
Android studiomerupakan sebuah integrated Development Environment(IDE) untuk platform android, android studio ini diumumkan pada tanggal 16 Mei 2013 pada konferensi Google I/O oleh produk manager Google yaitu Ellie Powers, Android studio bersifat free dibawah Apache
License 2.0. Android Studio awalnya dimulai dengan versi 0.1 pada bulan mei 2013, Kemudian
dibuat versi beta 0.8 yang dirilis pada bulan juni 2014. Yang paling stabil dirilis pada bulan
Desember 2014, dimulai dari versi 1.0. Berbasiskan JetBrainns� IntelliJ IDEA, Studio di desain
khusus untuk Android Development. Ini sudah bisa di download untuk Windows, Mac OS X,
dan Linux.
License 2.0. Android Studio awalnya dimulai dengan versi 0.1 pada bulan mei 2013, Kemudian
dibuat versi beta 0.8 yang dirilis pada bulan juni 2014. Yang paling stabil dirilis pada bulan
Desember 2014, dimulai dari versi 1.0. Berbasiskan JetBrainns� IntelliJ IDEA, Studio di desain
khusus untuk Android Development. Ini sudah bisa di download untuk Windows, Mac OS X,
dan Linux.
D. Persyaratan System
Persyaratan minimum sistem yang diperlukan untuk menjalankan android studio :
WINDOWS
� Microsoft Windows 2003/vista7/8/ (32 bit maupun 64 bit)
� RAM minimum 2 Gb, direkomendasikan 4 Gb
� Hard Disk kosong 500 mb
� Java Development Kit (JDK) versi 7 atau lebih tinggi
� Resolusi minimum 1280 x 800
OS X
� Mac OS X 10.8.5 atau yang lebih tinggi, up to 10.10 to up 10.10.1 up 10.10.2 (Yosemite)
� RAM minimum 2 Gb, direkomendasikan 4 Gb
� Hard Disk kosong 500 mb
� Java Development Kit (JDK) versi 7 atau lebih tinggi
� Resolusi minimum 1280 x 800
GNU / LINUX
� GNOME atau KDE atau Unity Desktop pada Ubuntu atau Fedora
� Minimum RAM 2 Gb, direkomendasikan 4 Gb
� Hard Disk kosong 500 mb
� Java Development Kit (JDK) versi 7 atau lebih tinggi
� Esolusi minimum 1280 x 800
Sebelumnya untuk membuat program aplikasi android digunakan eclipse ADT, di bawah ini perbandingan antara eclipse dengan android studio :
FEATURED | Android Studio | Eclipse ADT |
Build System | Gradle | ANT |
Maven � based build dependencies | YES | NO |
Build variant and multiple APK generation | YES | NO |
Advance android code completion and refactoring | YES | NO |
Graphical layout editor | YES | NO |
APK signing and keystore management | YES | NO |
NDK support | NO | YES |
Gradle adalah build automation tool yang dapat dikonfigurasi melalui DSL berbasis Groovy. Ini yang membedakan Gradle dari Ant atau Maven yang memakai XML. Penggunaan DSL berbasis Groovy menyebabkan Gradle lebih fleksibel dan dapat diprogram dengan mudah.
TEORI SINGKAT PEMROGAMAN PERANGKAT BERGERAK - by s2c3r -
Reviewed by zulfansyah
on
7:11 PM
Rating:
No comments: